Halaman

Senin, 15 Januari 2024

Azaz Belajar dan Pembelajaran

Azaz belajar dan pembelajaran yaitu prinsip umum yang harus dikuasai oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar atau azaz-azas pembelajaran ialah sesuatu yang dijadikan dasar berpikir dan bertindak untuk menciptakan proses belajar. Azaz-azas pembelajaran menjadi pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif dan efisien.

 

Azaz belajar dan pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu azaz umum dan azaz khusus. Azaz khusus yaitu azaz yang berlaku untuk jenis pembelajaran tertentu. Azaz umum yaitu azaz yang berlaku secara umum untuk semua jenis pembelajaran.

 

Azaz umum belajar dan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.      Asas motivasi

Asas motivasi yaitu belajar harus diawali dengan motivasi. Motivasi terbagi menjadi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari diri sendiri, atau motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari luar diri.

2.      Asas kesiapan

Asas kesiapan yaitu belajar akan lebih efektif jika dilakukan pada saat peserta didik sudah siap. Kesiapan dapat berupa kesiapan fisik, kesiapan mental, dan kesiapan sosial.

3.      Asas kesinambungan

Asas kesinambungan yaitu belajar harus dilakukan secara berkesinambungan atau terus berlanjut. Materi pelajaran yang dipelajari harus saling berkaitan dan berkesinambungan.

4.      Asas keaktifan

Asas keaktifan yaitu belajar harus dilakukan secara aktif oleh peserta didik. Peserta didik harus terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.

5.      Asas individualitas

Asas individualitas yaitu setiap peserta didik memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda. Peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda sehingga memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu, pembelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik masing-masing peserta didik.

 

6.      Asas sosial

Asas sosial yaitu belajar dapat dilakukan secara individual maupun secara kelompok. Pembelajaran kelompok dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling belajar dan bekerja sama. Pembelajaran kelompok dapat meningkatkan kerukunan dan kekompakan.

7.      Asas pengulangan

Asas pengulangan yaitu  belajar akan lebih efektif jika dilakukan secara berulang-ulang. Pengulangan dapat berupa pengulangan materi pelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dengan mengulang akan meningkat daya daya ingat peserta didik.

 

Selain azaz umum, ada juga azaz khusus belajar dan pembelajaran yang berlaku untuk jenis pembelajaran tertentu. Azaz  khusus belajar dan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1.      Asas inquiry

Asas inquiry yaitu belajar adalah proses mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan atau masalah yang dihadapi. Untuk memecahkan masalah peserta didik harus aktif mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

2.      Asas kontekstual

Asas kontekstual yaitu  belajar harus dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata. Peserta didik harus bisa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Asas konstruktivisme

Asas konstruktivisme yaitu belajar adalah proses membangun pengetahuan dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Peserta didik bukan hanya menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru tapi harus aktif membangun pengetahuannya sendiri.

4.      Asas pembelajaran berbasis masalah

Asas pembelajaran berbasis masalah yaitu belajar adalah proses pemecahan masalah. Peserta didik belajar memecahkan masalah-masalah yang nyata dan relevan dengan kehidupan mereka.

5.      Asas pembelajaran berbasis proyek

Asas pembelajaran berbasis proyek yaitu belajar adalah proses mengerjakan proyek. Peserta didik belajar dengan mengerjakan proyek-proyek yang memiliki tujuan dan manfaat tertentu.

 

Azaz belajar dan pembelajaran merupakan hal yang harus dipahami oleh guru. Dengan memahami azaz-azas ini guru dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

1 komentar: