Azaz belajar dan pembelajaran yaitu prinsip umum yang harus
dikuasai oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar atau azaz-azas pembelajaran ialah
sesuatu yang dijadikan dasar berpikir dan bertindak untuk menciptakan proses
belajar. Azaz-azas pembelajaran menjadi pedoman bagi guru dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan
efektif dan efisien.
Azaz belajar dan pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua,
yaitu azaz umum dan azaz khusus. Azaz khusus yaitu azaz yang berlaku untuk
jenis pembelajaran tertentu. Azaz umum yaitu azaz yang berlaku secara umum
untuk semua jenis pembelajaran.
Azaz umum belajar dan pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Asas motivasi
Asas motivasi yaitu belajar harus diawali dengan motivasi. Motivasi
terbagi menjadi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik,
yaitu motivasi yang berasal dari diri sendiri, atau motivasi ekstrinsik, yaitu
motivasi yang berasal dari luar diri.
2.
Asas kesiapan
Asas kesiapan yaitu belajar akan lebih efektif jika dilakukan pada
saat peserta didik sudah siap. Kesiapan dapat berupa kesiapan fisik, kesiapan
mental, dan kesiapan sosial.
3.
Asas kesinambungan
Asas kesinambungan yaitu belajar harus dilakukan secara
berkesinambungan atau terus berlanjut. Materi pelajaran yang dipelajari harus
saling berkaitan dan berkesinambungan.
4.
Asas keaktifan
Asas keaktifan yaitu belajar harus dilakukan secara aktif oleh
peserta didik. Peserta didik harus terlibat secara langsung dalam proses
pembelajaran untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.
5.
Asas individualitas
Asas individualitas yaitu setiap peserta didik memiliki kemampuan
dan karakteristik yang berbeda-beda. Peserta didik memiliki latar belakang yang
berbeda sehingga memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu, pembelajaran
harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik masing-masing peserta
didik.
6.
Asas sosial
Asas sosial yaitu belajar dapat dilakukan secara individual maupun secara
kelompok. Pembelajaran kelompok dapat memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk saling belajar dan bekerja sama. Pembelajaran kelompok dapat
meningkatkan kerukunan dan kekompakan.
7.
Asas pengulangan
Asas pengulangan yaitu belajar akan lebih efektif jika dilakukan
secara berulang-ulang. Pengulangan dapat berupa pengulangan materi pelajaran,
metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dengan mengulang akan meningkat
daya daya ingat peserta didik.
Selain azaz umum, ada juga azaz khusus belajar dan pembelajaran
yang berlaku untuk jenis pembelajaran tertentu. Azaz khusus belajar dan pembelajaran adalah sebagai
berikut:
1.
Asas inquiry
Asas inquiry yaitu belajar adalah proses mencari dan menemukan
jawaban atas pertanyaan atau masalah yang dihadapi. Untuk memecahkan masalah peserta
didik harus aktif mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan.
2.
Asas kontekstual
Asas kontekstual yaitu belajar harus dikaitkan dengan konteks
kehidupan nyata. Peserta didik harus bisa menerapkan pengetahuan dan
keterampilan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Asas konstruktivisme
Asas konstruktivisme yaitu belajar adalah proses membangun
pengetahuan dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Peserta didik bukan
hanya menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru tapi harus aktif membangun
pengetahuannya sendiri.
4.
Asas pembelajaran berbasis masalah
Asas pembelajaran berbasis masalah yaitu belajar adalah proses
pemecahan masalah. Peserta didik belajar memecahkan masalah-masalah yang nyata
dan relevan dengan kehidupan mereka.
5.
Asas pembelajaran berbasis proyek
Asas pembelajaran berbasis proyek yaitu belajar adalah proses
mengerjakan proyek. Peserta didik belajar dengan mengerjakan proyek-proyek yang
memiliki tujuan dan manfaat tertentu.
Azaz belajar dan pembelajaran merupakan hal yang harus dipahami
oleh guru. Dengan memahami azaz-azas ini guru dapat merancang dan melaksanakan
pembelajaran yang efektif dan efisien.
👍
BalasHapus